Meriahnya Gelaran Budaya Festival Lukulo di Kebumen


Meriahnya Gelaran Budaya Festival Lukulo di Kebumen

            Untuk pertama kalinya, Kabupaten Kebumen menggelar acara gelaran budaya Festival Lukulo di tahun 2019. Festival ini merupakan serangkaian festival budaya yang diadakan dari tanggal 20 April28 April 2019. Gelaran festival budaya ini mengusung tema kearifan lokal dan potensi keunggulan daerah. Diantara semua acara dalam festival ini, acara dengan jumlah pengunjung terbanyak ada di hari pertama. Festival ini dibuka dengan sambutan Bupati Kebumen, K.H. Yazid Mahfudz dengan penyalaan obor sekitar pukul 19.00 WIB.


Gambar 1 “Penampilan kesenian budaya”
Sumber: Dok. Kerabat
            Gelaran acara festival budaya ini sangat meriah terutama pada hari pertama. Pada hari pertama acara diselenggarakan di kawasan wisata Bukit Pentulu Indah. Terdapat berbagai kesenian budaya yang ditampilkan pada hari pertama seperti: siter, rebab,  menoreng, ebeg dan tari cepetan. Selain itu, terdapat penampilan dari maestro campusrsari yaitu Didi Kempot yang semakin menambah kemeriahan acara gelaran budaya Festival Lukulo di hari pertama.



Gambar 2 “Penampilan Didi Kempot”
Sumber: Dok. Kerabat
            Walaupun digelar berada jauh dari pusat kota, namun acara pada hari pertama berlangsung cukup meriah. Acara di hari pertama berlangsung hingga pukul 23.00 WIB. Para penonton pun sangat antusias mengikuti gelaran acara budaya ini hingga selesai meskipun acara ini selesai hingga larut malam.
            Selain acara di hari pertama, terdapat berbagai acara lain sampai dengan tanggal 28 April 2019, seperti: Ruwat Resik Rawat Kali Lukulo, Sruput Kopi Bareng, dan puncaknya yaitu Sarapan Penggel Bareng Bupati. Acara ini sangat meriah dari hari pertama hingga hari terakhir mengingat tahun ini merupakan tahun pertama kalinya Festival Lukulo digelar. Semoga di tahun-tahun berikutnya bisa digelar kembali sehingga dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Kebumen serta menjaga kesenian daerah agar tetap lestari.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kentang Goreng Panjang yang Viral

Menikmati Asrinya Bandung di Situ Patenggang

Nasi Goreng Murah Paling Sedap di Jogja